Resmi, Dorna Umumkan Indonesia Gelar MotoGP pada 2021

oleh

JAKCITY (Madrid) – Resmi. Dorna Sports mengumumkan Indonesia menjadi salah satu tuan rumah balap motor MotoGP pada 2021. Hal ini disampaikan langsung CEO Dorna Group, Carmelo Ezpeleta, melalui laman resmi MotoGP, Sabtu (23/2).

Selaku penyelenggara MotoGP, Dorna telah menandatangani kontrak dengan Indonesian Tourism Development Corporation (IDTC) di Madrid, Spanyol, 28 Januari 2019. Penandatanganan ini dilakukan Ezpeleta (CEO Dorna) dan Abdulbar M. Mansoer (CEO ITDC) yang disaksikan langsung Duta Besar Indonesia untuk Spanyol, Hermono.

Perjanjian itu menegaskan dan memastikan Indonesia menggelar MotoGP pada 2021 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit yang bernama Mandalika tersebut akan dibangun dengan lintasan sepanjang 4,32 km dan memiliki konsep sirkuit jalanan.

Konsep tersebut pun terbilang cukup baru dan sangat unik. Pasalnya, Sirkuit Mandalika akan menjadi sirkuit jalanan pertama yang hadir di MotoGP.

Hal itu pula yang membuat Dorna akhirnya memilih Indonesia sebagai salah satu tuan rumah di ajang MotoGP 2021. Selain itu, besarnya penggemar Tanah Air akan MotoGP menjadi pertimbangan khusus bagi Dorna melabuhkan pilihan ke Indonesia.

“Proyek yang sangat unik ini punya sirkuit perkotaan dengan kelas dunia di negara dengan pengikut MotoGP yang begitu besar. Indonesia adalah pasar utama bagi kami dengan presentase penggemar motorsport terbesar dan atmosfer MotoGP akan semakin kuat begitu sirkuit selesai,” ungkap Ezpeleta. (JC-02)