Lancarkan Pencernaan dengan Wedang Jahe

oleh

JAKCITY (Jakarta) – Agar saluran pencernaan Anda lancar salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah rutin mengonsumsi wedang jahe. Demikian ahli nutrisi dari MesaAcademy, Emilia Achmadi.

Emilia Achmadi mengatakan dalam diskusi bersama media di Jakarta, Selasa (15/1), wedang jahe setelah makan. Tidak pakai gula. Jahe bisa menetralisir pencernaan.

Menurut Emilia, alih-alih menggunakan jahe bubuk, sebaiknya buatlah sendiri wedang menggunakan dua sentimeter jahe. Ini bisa menghasilkan segelas wedang berukuran 300 cc.

Tidak perlu setiap waktu makan. Pilihlah salah satu waktu makan yang Anda rasa menunya tak cukup sehat ketimbang waktu makan lain, makan siang misalnya (orang cenderung makan siang di luar rumah, sehingga tidak begitu mementingkan asupan gizinya).

“Saya biasanya setiap habis makan siang atau pilih waktu makan yang menunya tidak bisa Anda kontrol dengan baik,” katanya.

Emilia menyebut wedang jahe sebatas membantu mengatasi masalah pencernaan di tahap awal. Untuk masalah di tahap lanjutan Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat perawatan medis.

Jahe bisa mengurangi peradangan dan sakit maag, sekaligua menenangkan jalur usus. Selain membuatnya menjadi wedang, meminum air jahe dan beberapa tetes lemon setiap habis makan juga bisa bermanfaat untuk kesehatan Anda. (JC-02)