Di Bandung, Puncak Hari Konsumen Nasional

oleh

JAKCITY (Bandung) – Di Kota Bandung, Jawa Barat, puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkornas) akan diperingati pada Maret 2019. Itu sebagai hari spesial terkait perlindungan hak-hak konsumen.

M Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, dalam siaran persnya di Bandung menyebutkan negara berupaya hadir dalam hal pemberdayaan konsumen. Karena sering kali konsumen menjadi pihak yang lemah, sehingga tidak mampu memperjuangkan kepentingannya.

Pria yang biasa disapa Emil itu menyebut termasuk dia pernah membeli barang, namun tidak sesuai ekspektasi. Nah, hal-hal seperti ini, bagaimana dengan mudah sebagai konsumen kita bisa mengadu.

Dia mengatakan mengacu pada Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, perayaan Harkonas adalah untuk meningkatkan pemahaman konsumen mengenai hak dan kewajibannya.

Selain itu, lewat Harkonas diharapkan konsumen bisa menjadi subjek penentu kegiatan ekonomi, sekaligus menghadirkan konsumen cerdas yang mencintai produk dalam negeri.

“Kami mendukung dan berterima kasih karena Jawa Barat dipilih sebagai tuan rumah Hari Konsumen Nasional 2019 oleh pemerintah pusat (Kementerian Perdagangan),” katanya.

Gubernur Emil menyebutkan, bahwa kelas konsumen di Indonesia, khususnya di Jabar, memiliki daya beli yang cukup kuat dan kekuatan tersebut disinyalir akan naik dua kali lipat dalam jangka waktu 11 tahun.

Ia mengatakan hal tersebut menandakan perlindungan terhadap konsumen pun harus menguat.

“Nah kesadaran itu akan kita luncurkan di bulan Maret 2019. Nanti, tanggalnya menyusul, sekaligus akan ada peresmian kantor metrologi dan pasar tradisional,” katanya.

“Jawa Barat juga mewakili konsumen terbesar karena penduduknya hampir 50 juta jiwa, artinya 20 persennya Indonesia,” lanjut Emil. (Ant/JC-02)